Ironi Pejabat Publik Bergaji Besar ke-4 Sejagat
Loading...
 
posted on WOW Keren
4,503 views
Ironi Pejabat Publik Bergaji Besar ke-4 Sejagat



Data Independent Parliamentary Standards Authority (IPSA) dan Dana Moneter Internasional (IMF) beberapa waktu merilis data terbaru tentang Indonesia. Salah satunya tentang besaran gaji yang diterima anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Data itu kemudian dimuat dalam majalah bergengsi Economist edisi 20-26 Juli 2013.

Data itu cukup mencengangkan. Ternyata, gaji para anggota DPR kita menempati urutan keempat terbesar di dunia. Menurut data yang diperoleh merdeka.com, seorang anggota DPR yang duduk di kursi legislatif itu setiap bulannya mendapatkan gaji pokok sebesar Rp 15.510.000. Itu pun masih ditambah dengan tunjangan listrik Rp 5.496.000, tunjangan aspirasi Rp 7.200.000, tunjangan kehormatan Rp 3.150.000, tunjangan komunikasi Rp 12 juta, dan tunjangan pengawasan Rp 2.100.000. Jika ditotal, setiap anggota DPR bisa membawa pulang Rp 46.100.000 per bulan atau mereka bisa mengumpulkan uang sebesar Rp 554 juta per tahun.

Jumlah Rp 554 juta per tahun di atas itu belum termasuk dengan gaji ke-13, dana penyerapan dan upah ikut serta dalam sidang yang digelar DPR. Gaji ke-13 yang diterima anggota setiap tahunnya sebesar Rp 16.400.000, dana reses atau aspirasi dapil yang didapat sebesar Rp 31.500.000.

Selain itu, dalam satu tahun sidang, ada empat kali reses. Jika ditotal, selama satu tahun dana reses totalnya sekitar Rp 118.000.000. Sementara penghasilan yang bersifat sewaktu-waktu yaitu dana intensif pembahasan rancangan undang-undang dan honor melalui uji kelayakan dan kepatutan sebesar Rp 5.000.000 setiap kegiatan serta dana kebijakan intensif legislatif sebesar Rp 1.000.000 setiap Rancangan Undang-Undang (RUU). Jika dihitung jumlah keseluruhan yang diterima anggota DPR dalam setahun mencapai hampir Rp 1 milyar. Pada tahun 2007, data yang diperoleh setiap anggota DPR menerima uang sedikitnya Rp 787.100.000 tiap tahun.

Tentu ini sangat ironis jika dibandingkan dengan kinerja mereka selama ini. Belum lagi jika kita masih melihat banyaknya perilaku korup yang mereka lakukan. Lihat saja foto-foto saat mereka melakukan sidang paripurna ini.

Trending Now
10 Gombalan Lucu Tanya Perbedaan Ini Bikin Muka Gebetanmu Memerah

10 Gombalan Lucu Tanya Perbedaan Ini Bikin Muka Gebetanmu Memerah

Kata-kata gombalan selalu menjadi cara yang digunakan oleh anak zaman sekarang untuk memulai pembicaraan dengan lawan jenis ataupun untuk se
139 views 0 shares
10 Momen Kocak Orang Naik Bus yang Bikin Terpingkal

10 Momen Kocak Orang Naik Bus yang Bikin Terpingkal

Bus adalah salah satu kendaraan umum yang biasa digunakan untuk bepergian. Ukurannya yang sangat besar ini bisa menampung banyak penumpang.
119 views 0 shares
10 Konsep Lucu Prewedding Antimainstream Ini Bikin Kamu Tepuk Jidat

10 Konsep Lucu Prewedding Antimainstream Ini Bikin Kamu Tepuk Jidat

Sebelum melakukan acara pernikahan, setiap pasangan pasti melakukan sesi pemotretan prewedding terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk meng
138 views 0 shares
10 Momen Kocak Sungkeman yang Gagal Khidmat

10 Momen Kocak Sungkeman yang Gagal Khidmat

Indonesia adalah negara yang terkenal akan tradisi dan adat istiadatnya. Salah satunya Kita harus menghormati orang yang lebih tua. Beberapa
116 views 0 shares
10 Nama Toko Dari Plesetan Nama Merk Terkenal. Kocak Banget!

10 Nama Toko Dari Plesetan Nama Merk Terkenal. Kocak Banget!

Hidup di Indonesia sangat mudah sekali menemukan warung atau toko kelontong. di mana tempat usaha ini menyediakan barang yang kita butuhkan
5,388 views 0 shares
10 Curhatan Lucu Seputar Crazy Rich +62 Ini Bikin Sobat Misquen Nangis Di Pojokan

10 Curhatan Lucu Seputar Crazy Rich +62 Ini Bikin Sobat Misquen Nangis Di Pojokan

Kamu tahu tentang Crazy Rich kan? Yap, mereka adalah orang-orang yang memiliki kekayaan sangat banyak yang kadang bikin kita gak sanggup bua
125 views 0 shares
10 Chat Kocak Minta Kenalan Ini Bikin Tersenyum Geli

10 Chat Kocak Minta Kenalan Ini Bikin Tersenyum Geli

Berkat adanya smartphone dan internet, kita bisa berkomunikasi dengan orang lain dengan sangat mudah. Nggak perlu repot-repot bertatap muka
10,556 views 0 shares
10 Orang yang Berfoto di Depan Kamera dengan Gaya Menggelitik

10 Orang yang Berfoto di Depan Kamera dengan Gaya Menggelitik

Jaman dulu mengabadikan momen melalui foto adalah hal yang mewah. Kita harus memiliki kamera terlebih dahulu agar bisa menciptakan momen mel
6,842 views 0 shares
10 Momen Apes Dibonceng Motor yang Bikin Deg-deg an

10 Momen Apes Dibonceng Motor yang Bikin Deg-deg an

Musim hujan telah tiba. Ada pepatah mengatakan jika "sedia payung sebelum hujan". Hal itulah yang harus kita persiapkan ketika musim hujan t
18,554 views 0 shares
Beginilah Wajah 14 Karakter Princess Disney di Dunia Nyata

Beginilah Wajah 14 Karakter Princess Disney di Dunia Nyata

Pulsker yang suka banget sama kartun karya Disney mana nih suaranya? Kartun dari Disney emang ga ada matinya ya Pulsker, meskipun udah kuli
308,996 views 23,460 shares